Rabu, 23 Mei 2012

OS Android

0 komentar

mengenal android 


OS (operating system) Android adalah sebuah sistem operasi untuk mobile berbasix Linux. Untuk lebih detailnya mengenai Android, berikut adalah kutipan singkat dari Wikipedia.
"Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia."
Ya, awalnya android dikembangkan oleh Android Inc., yang kemudian diakuisisi oleh raksasa Google. Sepertinya Google ini suka banget membeli saham perusahaan lain .

Back to the topic… Sistem android pada masa awal masuk di Indonesia juga tidak telalu menarik perhatian karena sistem operasinya membutuhkan koneksi/jaringan internet yang cukup kuat. Tapi sekarang, seiring dengan membaiknya kinerja operator seluler dalam negeri, maka dimulailah invasi produk-produk mobile berbasis android di Indonesia.

Sebagai informasi pula, OS Android merupakan aplikasi open source alias gratis alias free to use . Vendor mobile yang belum memiliki sistem operasi khusus tentu senang dengan kondisi ini. Di samping itu, karena sifatnya yang open source menyebabkan gadget-gadget yang menggunakan OS Android memiliki harga jual yang lebih murah. Bandingkan saja gadget-gadget mobile android dengan gadget milik iPhone dan Blackberry.

0 komentar:

Poskan Komentar