Senin, 21 Mei 2012

Say it with flowers

0 komentar
Say it with flowers, itulah ungkapan yang sering kita dengar untuk mengungkapkan sesuatu pada seseorang. Bungalah yang selalu mewakili perasaan kita terhadap seseorang yang kita kasihi.
Dari generasi kegenerasi, wanita yang selalu dicintai selalu menerima hadiah bunga. Bunga sebagai bagian dari flora merupakan simbol kehidupan dan keindahan, sehingga ketika menerima, wanita tidak hanya merasa bergetar dan tersanjung, merekapun merasa cantik dan sangat istimewa. Memberikan bunga pada orang yang dikasihi akan meningkatkan rasa sayang pada Anda, dan membuatnya masih sangat berarti dalam hidup Anda.
Umumnya, bunga diberikan dalam suasana istimewa dan untuk meminta maaf, tetapi waktu terbaik untuk memberikan bunga adalah ketika tidak ada alasan apapun. Jika Anda membeli bunga hanya karena Anda menginginkannya mengetahui bahwa Anda mencintai dan memikirnya terus menerus, ia akan merasa lebih terkesan, dan menghormati lebih dari sebelumnya. Inti memberikan "surprise" (dalam suasana yang tidak istimewa) akan menambah suasana baru dalam hubungan Anda.
Berikut beberapa bunga yang dengan arti:
  • Bunga anyelir Penuh pesona
  • Bunga krisan Persahabatan
  • Bunga aster Cinta yang setia
  • Bunga kaca piring Cinta terpendam
  • Bunga bungur Keindahan
  • Bunga anggrek Cinta dan keindahan
  • Bunga mawar "Saya tak bisa hidup tanpamu"
  • Bunga mawar (sedikit duri) Cinta pandangan pertama
  • Bunga tulip Cinta yang sempurna
  • Bunga violet Kebajikan
Ada beberapa cara menyampaikan bunga pada pasangan Anda. Ingat, apapun yang Anda lakukan, tujuan Anda adalah membuatnya terkesan. Cara terbaik adalah menunjukkan pada dunia bahwa ia adalah pendamping hidup Anda.

Berikan sendiri

Mengapa Anda tidak membeli bunga dan membawanya langsung?Anda dapat membantu menempatkanya dalam air . Atau membawanya ke tempat kerja dan menunjukkan pada semua rekan kerjanya bahwa Anda bukan hanya seorang yang baik tapi betapa beruntunganya Anda memilikinya.

Spesial delivery

Menyampaikan bunga melalui delivery sementara Anda berada di tempatnya dan Anda melihat ia terkejut ketika membaca kartu ucapan, ia tidak hanya merasakan sejuta rasa, tetapi iapun ingin membuat Anda hal yang sama.

Apapun alasannya, kirim ia bunga sekarang untuk menunjukkan bahwa Anda mencintai dan menghormatinya lebih dari orang lain.

10 Tips Menemukan dan Memelihara Hubungan Asmara

0 komentar
1. Jangan jatuh cinta dengan seseorang yang sangat berpotensi. Terlalu banyak pria dan wanita yang memilih teman atau tinggal dalam hubungan dengan harapan bahwa orang lain akan berubah.
Jujurlah dan jadilah diri sendiri dan bertanya: "Dapatkah saya mencintai orang ini dengan cara yang sebenarnya dimana mereka sekarang tanpa harapan untuk berubah?" jika tidak, carilah yang lain.
 
2. Jangan memusingkan nafsu birahi. Dalam perasaan yang terburu-buru, orang melakukan hubungan seksual akan menciptakan suatu keintiman yang salah, yang akan menuju kekecewaan.
Sisihkan waktu untuk menciptakan hubungan emosional yang asli dan membiarkan hubungan seksual yang penuh gairah tumbuh.
 
3. Jangan mengabaikan keputusasaan untuk memiliki suatu hubungan. Misalnya, jika dia membuat suatu pernyataan seperti "Saya tidak melaksanakan komitmen dengan benar," Percayailah dia.
Tanya pada diri sendiri, "Apakah orang ini bersedia secara emosional dan situsioanal?" (Orang cenderung untuk menghabiskan waktu untuk hobinya kemudian baru pasangannya).
 
4. Jangan mengasumsikan teman Anda secara "fisik" mengetahui apa yang Anda inginkan dan butuhkan.
Bertanggung jawab untuk mengungkapkan perasaan Anda dan saling membutuhkan satu sama lain. Ini akan menghindari konflik dan hubungan emosional yang dalam diantara Anda.
 
5. Terima pasangan Anda apa adanya. Ketika pasangan memasuki tahap bulan madu, mereka sering merasa puas satu sama lain.
Teruskan untuk melakukan hal romantis satu sama lain dalam setiap hubungan, tidak hanya di tahap awal. Misalnya, buatlah "date night " sekali seminggu.
 
6. Bersikaplah empatik terhadap pasangan Anda. Sisihkan beberapa saat rencana Anda dan perhatikan pasangan Anda untuk memahami pemikirannya. Memahami dan mensyahkan perasaan pasangan Anda tidak berarti Anda harus setuju dengan mereka. Jika tidak hal ini berarti Anda harus menyerahkan pada kebutuhan Anda sendiri. Sering kali, perasaan memahami akan berarti lebih untuk pasangan Anda dibanding menjadi benar atau memenangkan pertarungan.
 
7. Fokuskan pada apa yang Anda sukai dari pasangan Anda dan apa yang telah mereka lakukan dengan benar- alih-alih tentang kesalahan mereka.
 
8. Kekasih Anda kembali. Orang yang mencintai Anda kembali. Anda tidak akan terlibat dengan seseorang yang akan mencintai Anda.
 
9. Anda tidak merasa Anda berjalan diatas kulit telur. Jika Anda memiliki perasaan yang kuat dalam perut Anda, itu bukan cinta, melainkan Anda mencoba untuk mendapatkan persetujuan.
 
10. Hubungan yang sehat akan meningkatkan penghargaan diri.
 
Untuk mendapatkan hubungan yang harmonis, setiap pasangan perlu untuk mengekspos diri mereka sendiri. Hubungan yang sehat terjadi ketika kedua pasangan merasakan aman untuk menyatakan diri mereka sebenarnya terhadap masing-masing.

Tawa bisa bikin jatuh Cinta

0 komentar
Cara Anda tertawa, bisa membuat orang lain suka dan timbul rasa cinta. Oleh sebab itu, pandai-pandailah mengatur tawa.
Begitu kata dan saran pakar relationship. Katanya, bila Anda sedang berusaha menarik perhatian lawan jenis, cobalah tertawa. Sebab, tertawa ternyata memainkan peranan penting dalam suatu hubungan.

Jo-Anne Bachorowski, asisten profesor psikologi, Maria Smoski, dan Michael J. Owren, profesor dari Universitas Cornell, menemukan bahwa manusia memiliki suara tawa yang bervariasi.
 
Tak hanya itu, studi yang dilakukan terhadap 120 mahasiswa Universitas Vanderbilt, diketahui, ternyata suara tawa bisa menarik perhatian orang. Bila kita bisa mengolahnya, tawa dapat menimbulkan rasa cinta.
"Tentunya, suara tawa tergantung pada jenis kelamin. Tapi daya tariknya sangat ditentukan situasi dan kondisi orang itu dan lingkungan sekitar --termasuk siapa yang diajak tertawa," jelas Bachorowski.
 
"Kami melihat, tertawa sangat efektif --seperti halnya tatapan mata. Dan nyatanya, tanpa disadari, banyak orang yang menggunakan trik tertawa untuk menunjukkan kondisi emosional dan cara merespons sesuatu," imbuhnya.
 
Bikin orang jadi naksir
Sebenarnya, tawa lebih dari sekedar bumbu pembicaraan. Kita bisa memanfaatkan tawa untuk mengontrol keadaan emosi seseorang --dan diri sendiri, tentunya. Dan nyatanya, banyak orang tertarik pada si murah senyum.
 
"Bila orang sudah tertarik akan kemurahan senyum Anda, maka Anda bisa membuatnya lebih tertarik --atau dibikin biasa-biasa saja, dengan mengatur nada dan intonasi tawa."
 
Konon, bila Anda wanita, maka cara terbaik untuk mengoyak pertahanan pria adalah dengan tertawa pada nada agak tinggi disertai gerakan tangan di sekitar dada.
 
Sebaliknya untuk pria. Konon, wanita lebih tertarik pada pria yang pandai menekan suara tawanya hingga terdengar lebih rendah. Dengan terdengar lebih 'beradab', pria bisa meredam pikiran negatif wanita terhadapnya.
 

Empat Tanda Cinta Sejati

0 komentar
Anda dapat menemukan seseorang yang benar-benar sangat cocok untuk dijadikan pasangan hidup dan bahkan memilikinya lebih dari satu dalam hidup Anda. Tetapi kemudian bagaimana Anda benar-benar mengetahuinya dengan yakin?
Berikut bantuan untuk meyakinkan keputusan hubungan Anda:

Ungkapkan keinginan dan mengapa menginginkannya?
Anda harus memiliki kejelasan tidak hanya tentang apa yang Anda ingin dari cinta, tetapi apa yang diinginkan dalam hidup dengan pasangan Anda. Segera setelah mengetahui itu, Anda akan yakin telah masuk dalam suatu hubungan dengan tujuan dan visi yang jelas seperti apa hubungan Anda dengan dia. Menentukan kriteria akan membantu terhindar dari kesulitan terlibat dengan seseorang yang tidak cocok bagi Anda.
 
Ukur romantisme Anda
Meskipun kedengarannya basi, buatlah daftar harapan pasangan ideal Anda. Isi dengan keinginan pasangan sempurna, istimewa tetapi realistis. Semakin banyak Anda tahu apa yang cocok bagi Anda, semakin mudah menangkap momen kapan dia bisa berjalan bersama Anda.
 
Cintai diri sendiri
Ada pepatah lama mengatakan: “Anda tidak akan bisa membahagiakan orang lain sampai Anda membahagiakan diri sendiri.” Hal ini tidak hanya akan membantu pada saat bertemu dengan seseorang yang baru tetapi juga membantu Anda memulai hubungan pada saat yang tepat.
 
Jadilah yang terbaik
Cinta bukan hanya sekedar mencari seseorang yang akan membuat Anda bahagia. Kecocokan akan menghasilkan yang terbaik- mungkin seseorang yang akan membuat Anda menjadi orang yang bahagia dan lebih produktif.
 
Cara terbaik untuk menemukan cinta sejati adalah pintar-pintarlah memilih seseorang dan jelas mengapa Anda memilihnya.

Jalur Blues dan Pentatonik Gitar

0 komentar
PENTATONIK
G Minor Pentatonic Scale (the 5 boxes)
G Minor Pentatonic Scale
G Major Pentatonic Scale (the 5 boxes)
G Major Pentatonic Scale
BLUES
G Minor Blues Scale (the 5 boxes)
G Minor Blues Scale
G Major Blues Scale (the 5 boxes)
G Major Blues Scale
cara pembacaannya adalah senar 1 berada di atas dan berurutan hingga senar 6 berada di bawah….
angka 12345 adalah saling berhubungan satu sama lain…
bermain blues adalah sama saja dengan bermain clasic,
dan pada intinya sebenarnya semua skala itu berasal dari blues dan jazz..
dan dalam bermain blues yang paling penting adalah bukan dari kecepatannya dalam memainkannya…
harmoniknya harus dapet…
dan mesti diresapi yang pasti..
pertama belajar coblah lancarkan senam jari..
misal dari atas ke bawah….
lalu cobalah mulai mengacak….
dan pelajarilah skill dalam bermain guitar…
misalkan teknik typing…
jika anda ingin mempelajarinya lebih jauh lagi..

Pengetahuan dasar memilih gitar akustik

0 komentar


acoustic electric guitarsBagi pemula memilih gitar adalah hal yang belum pasti karena mau main apa sih kepinginnya. Karena masa-masa awal bermusik biasanya kuping menyenangi semua denting gitar. Semua terdengar menarik dan ingin memainkannya. Namun pada dasarnya ada 2 kriteria yang patut dipahami sebelum salah pilih. Dan tentu bagi pemula gitar akustik dululah.
Gitar Nylon String
Gitar dengan snar nylon adalah termasuk katagori gitar klasik. Ciri-ciri gitar klasik adalah mempunyai neck atau fretboard yang lebar. Gitar ini biasanya dipakai memang untuk memainkan lagu-lagu klasik atau flamingo ya mexicoan atau spanyolanlah. Kalau pernah dengar lagu Romance de amor ini lagu klasik.
Kalau ingin memainkan lagu klasik pilihlah gitar dengan snar nylon. Banyak musisi besar datang dari memainkan klasik pada awalnya. Sehingga muncul genre yang kita kenal dengan klasik rock. Sebut saja nama Yngwi atau Blues Saraceno yang memainkan lagu klasik ‘Bouree’ dengan sangat manis dengan gitar elektrik. Musisi musik klasik yang sangat tenar dan mengguncang dunia klasik pada jamannya sampai sekarang adalah: John William, Al Di Meola, John Mc Laughlin (sekarang banyak di Jazz Blues).
Merek gitar klasik yang paling gampang dicari dan umum di Indonesia adalah Yamaha dari type G. Di Bandung dulu pernah beredar merek Genta keren juga. Merek lain di kota-kota besar beredar juga Fender sampai Gibson.

Gitar Steel String
Bagi pemula yang berencana belajar melodi, musik rock, blues atau tidak belajar klasik sebaiknya memilih gitar dengan snar steel ini. Ciri-ciri gitar ini mempunyai neck atau fretboard yang ramping.
Karena gitar ini bertali kawat baja maka kecenderungan stang akan menjadi bengkok. Ini masalah utama pada gitar steel string apalagi kalau ia murahan! Maka sebenarnya waktu milih gitar steel string kita harus mengerti stelan standar gitar. Ajaklah teman yang mengerti nyetem standar ini. Ada alat yang namanya ‘Tuner’ yaitu standar nada pada umumnya yang dipakai nyetem gitar biar nadanya standar. Kalau gitar tidak bisa distel standar, pemula yang kebanyakan belajar nyari lagu dari cd atau kaset nantinya susah mengikuti nada-nada tersebut. Kang Iwan Fals kalau manggung memakai gitar acoustic electric. Acoustic electric bagus kalau rencana mau record acoustic gitar dengan cara DI (direct input).
Saat memilih gitar juga perhatikan fret jangan sampai ada satu nada yang mati karena fret ketinggian di salah satu tempat. Bisa diperbaiki sih tapi kan repot. Cobalah ambil chord dekat dengan bodi. Saya biasanya juga melakukan cek nada satu persatu di atas fret. Lihat stang apa juga lurus dengan cara melihat dari ujung bodi ke headstok atau sebaliknya. Ya kayak membidik dengan senapanlah. Nggak usah malu karena pemula dari pada salah.
Acoustic Electric
Kalau emang milih gitar dengan electriknya sekalian, jangan lupa nyolokin ke amp cabinet yang biasanya juga ada di toko gitar.Tentu kalau ada amp yang acoustic. Ini penting sekali karena terkadang salah satu snar mempunyai sound out yang tipis. Atau frekuensinya tidak seimbang. Yang benar itu suara harus rata. Atau nanti waktu melodi satu snar nggak kedengaran. Terkadang dagangnya bilang kalau tahu anda pemula: ‘Biasa seperti itu kalau gitar akustik elektrik’. Itu sama sekali tidak benar!
Merek gitar string yang banyak beredar di Indonesia adalah Takamine dan sering juga saya lihat banyak musisi Indonesia yang pakai. Harga cukup murah. Namun kalau mau yang bermerek lain ada: Ovation, Martin, Taylor, Fender, dsb. Di hompage itu gitar akustik aku. Ovation black yang udah didandani perak. Ovation back bodinya enak nggak tebal.


Tips Belajar Memainkan Melodi pada Gitar
Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan ***ar, dari kita bisa bermain solo sampai grup atau duet.Di dalam permainan ***ar (Kursus Gitar) banyak variasi-variasi permainan, salah satunya adalah memainkan melodi. Memainkan melodi ini belum semua orang bisa dengan lancar, termasuk saya sendiri.
Mari kita belajar (kursus ***ar) bersama bagaimana sih agar kita dapat memainkan melodi denan ***ar.
Ini ada beberapa tips dan trik yang cukup mudah untuk dipraktekan, antara lain:
1. Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya di atas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif atau bisa ikut kursus ***ar.
2. Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik khususnya ***ar, dan minta tolong kepada dia (kursus ***ar) supaya mau mengajarkannya kepada anda;
3. Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya;
4. Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik;
5. Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis;
6. Senam jari (kursus ***ar) harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja;
7. Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali, hahahahaha, sebenere seh ngga bisa, alasan aja sibuknya tuh
8. Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih;
9. Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.

Menyanyikan nada dengan benar

0 komentar
Kebanyakan orang biasa bisa bernyanyi lagu apa saja, baik di tempat kerja event sekolah,ataupun acara acara tertentu, mereka memberanikan dan menobatkan diri mereka sebagai seorang penyanyi. Tapi, akan selalu gagal membidik nada jika dihadapkan pada suatu latihan atau perlombaan tertentu seperti lagu lagu baru yang belum pernah didengar, namun tersedia pada reportator atau partitur.
Akibatnya, mereka hanya bisa menyanyikan sebuah lagu yang telah ada dalam bentuk cassette dan dilatih hanya secara lisan dengan mengandalkan pendengaran saja. Efek sampingnya juga masih banyak terdengar nada fals pada saat mereka bernyanyi. Intinya seh mereka hanya ingin jadi penyanyi dengan jalan pintas dan instant.
Ok, sebagaimana kita ketahui, notasi terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
~ *Notasi Balok, yang ditulis dengan simbol dan diberi nama dengan huruf, dan diletakkan didalam 5 buah garis yang disebut paranada.
Notasi ditulis dengan huruf yaitu :
C – D – E – F – G – A – B – C ( diatonis )
dan
C – Cis/Des – D – Dis/Es – E – F – Fis/Ges – G – Gis/As – A – Ais/Bes – B – C
( yang disebut tangga nada chromatic, dimana jarak tiap nada ½ laras ).
~ *Notasi Angka, yang ditulis dalam bentuk angka :
1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 1 ( diatonis )
dan
1 – (1/2 ) – 2 – ( 2/3 ) – 3 – 4 – ( 4/5 ) – 5 – ( 5/6 ) – 6 – ( 6/7 ) – 7 – 1


Notasi seperti tersebut diatas mempunyai nilai tertentu, yang selalu dikaitkan dengan IRAMA dan BIRAMA, yang telah disepakati dan berlaku umum. Birama yang kita tahu antara lain :

2/4 – 3/4 – 4/4 – 6/4 – 9/4 – 6/8 dst,

Masing masingnya menjadi batasan untuk menentukan dan mengetahui ketukan yang terdapat didalamnya.

Untuk dapat menyanyikan notasi lagu dengan benar , kita harus membiasakan diri untuk membaca, memainkannya dengan suara sendiri dan memahami interval – interval atau jarak antara nada yang ditulis. Makanya solusi yang terbaik itu adalah dengan banyak banyak latihan.

Sebagai bahan untuk kita latihan, dibawah ini ada latihan untuk pengucapan intonasinya dan percayalah dengan latihan ini tanpa kamu sadari PITCH CONTROL kamu akan jauh lebih baik.
Pelajaran No : 1 ( 4 Nada )
Notasi : 1 2 3 4
By : Wiro. A. Sanie
1. I 1 2 3 4 I 1 2 2 1 I
2. I 1 2 4 3 I 1 3 3 1 I
3. I 1 3 2 4 I 1 4 4 1 I
4. I 1 3 4 2 I 1 2 1 2 I
5. I 1 4 2 3 I 1 3 1 3 I
6. I 1 4 3 2 I 1 4 1 4 I
7. I 2 1 3 4 I 2 1 1 2 I
8. I 2 1 4 3 I 2 3 3 2 I
9. I 2 3 1 4 I 2 4 4 2 I
10. I 2 3 4 1 I 2 1 2 1 I
11. I 2 4 1 3 I 2 3 2 3 I
12. I 2 4 3 1 I 2 4 2 4 I
13. I 3 1 2 4 I 3 1 1 3 I
14. I 3 1 4 2 I 3 2 2 3 I
15. I 3 2 1 4 I 3 4 4 3 I
16. I 3 2 4 1 I 3 1 3 1 I
17. I 3 4 1 2 I 3 2 3 2 I
18. I 3 4 2 1 I 3 4 3 4 I
19. I 4 1 2 3 I 4 1 1 4 I
20. I 4 1 3 2 I 4 2 2 4 I
21. I 4 2 1 3 I 4 3 3 4 I
22. I 4 2 3 1 I 4 1 4 1 I
23. I 4 3 1 2 I 4 2 4 2 I
24. I 4 3 2 1 I 4 3 4 3 I
Cara Latihan :
a. Bacalah notasi dari tempo yang lambat untuk melatih pernafasanmu. Dari kiri ke kanan 4 ketuk, kanan ke kiri 3 ketuk, kiri ke kanan lagi 2 ketuk, dan balik lagi 1 ketuk.
Contoh : 1…2…3…4… (nafas 4 ketuk) 1…2…2…1… (nafas 4 ketuk) 1..2..2..1.. (nafas 3 ketuk) 4..3..2..1.. (nafas 3 ketuk) 1.2.3.4. (nafas 2 ketuk) 1.2.2.1. (nafas 2 ketuk) 1221 (nafas 1 ketuk) 4321
b. Baca notasi dari atas ke bawah dengan satu ketukan, kamu awali dari tempo yang lambat dengan satu tarikan nafas. Kemudian balik lagi baca keatas. Ulangi dengan tempo yang lebih cepat untuk memastikan ketepatan nada kamu. Jika belum sanggup untuk membaca satu pernafasan kamu dapat membacanya dari 1 sampai 18 dan di sambung dari 7 sampai 24. Latihlah terrus agar kamu bisa membacanya dengan stu pernafasan sampai ke 24.
c. Bantu latihanmu dengan salah satu instrument yang kamu punya. Tapi ingat instrument hanya untuk mengecek ketepatan nada, jangan dibunyikan bersamaan dengan suara kamu. Ucapkan nada dulu, baru bunyikan instrument kamu.
d. Dari satu latihan ini kamu dapat banyak point, bisa pernafasan, tempo, dan intonasi..selamat mencoba deh !

Belajar gitar elektrik

0 komentar
1. Mengenal jenis musik. Pada tahap awal in, anda hanya diharapkan dapat mengenal jenis musik terlebih dahulu. Baik itu jenis musik rock-balad, pop-balad maupun alternatif. Mengapa balad dan alternatif, karena 2 jenis musik ini dominan menggunakan instrumen gitar dalam penyajiannya. Sehingga diharapkan anda lebih terfokus mengenal nada-nada yang dihasilkan instrumen gitar, karena berlatih dengan menggunakan lagu akan lebih cepat dibandingkan anda menghafal chord demi chord. 
2. Memiliki gitar. Memiliki gitar memang bukan merupakan hal yang wajib, namun sangat berpengaruh terhadap akselerasi anda dalam menguasai instrumen ini. Ada beberapa jenis gitar yang perlu anda kenal yaitu : gitar nylon, string dan electric. Untuk tahap belajar anda lebih baik memilih gitar dengan tipe nylon, karena selain ringan dipetik, jari-jari tidak terlalu terluka (berkapal) ketika jari anda membuat chord. Gitar nylon juga digunakan dasar untuk berlatih musik klasik, jadi bagi anda yang kemudian tertarik untuk menekuni gitar klasik, hal ini akan sangat menguntungkan 
3. Mengenal chord dasar. Pada tahap ini, anda sudah mulai malakukan pengenalan awal teknik bermain gitar dengan mempelajari kunci-kunci dasar yang mudah diterapkan seperti am, em, g, c atau f. Setelah lancar menghafal dan berpindah dari satu chord ke chord yang lain.  
4. Mengenal memetik dan menggenjreng. Dua jenis cara memainkan gitar ini sebaiknya anda ketahui. Menggenjreng lebih mudah dibandingkan dengan memetik. Karena memetik membutuhkan koordinasi khusus antara tangan kanan dan tangan kiri anda. Mulailah dengan petikan teratur dari atas ke bawah, bawah ke atas dan kombinasi keduanya, dengan ketentuan satu senar satu jari. 
5. Mempelajari nada sebuah lagu. Yang dimaksud mempelajari nada adalah mencari chord untuk nada-nada pada lagu. Hal ini berguna untuk melatih filling anda terhadap suatu nada. Mekanisme yang paling sederhana adalah dengan memutar lagu berformat mp3/mp4 dengan jet audio atau winamp. Dengan tools ini musik bisa dipelankan, di-pause bahkan diputar balik, tanpa merusak pita seperti halnya kalau anda menggunakan cassette. Untuk memudahakan pemahaman anda dalam mengenal lagu, ada aturan dasar bakunya bahwa secara umum lagu hanya terdiri atas : intro_01-intro_02-chorus-reff-intro_02-chorus-reff-melody-reff. Dimana masing-masing bagian memiliki kumpulan chord yang sama. 
6. Mencari guru gitar.guru yang dimaksud dapat berupa seseorang/teman yang lebih ahli dari anda ataupun video . Hal ini akan memacu anda untuk bisa seperti guru anda bahkan melebihi.

Tutorial olah vocal yang baik dan benar

0 komentar
MTVICON AEROSMITH

10 Tips Untuk Suara Yang Sehat.
Beberapa orang meluangkan berjam-jam waktunya berolahraga untuk menjaga kesehatan badannya, tetapi bagaimana caranya menjaga suara agar tetap sehat? Saya sependapat dengan Norman Hogikyan yang mengatakan “Suaramu adalah duta besar untuk dunia luar. Yang mencerminkan kepribadian dan emosimu. Dan banyak orang menentukan nilai dirimu dari suaramu. Jadi sangat penting untuk berpikir tentang apa yang orang-orang dengar saat kita berbicara atau bernyanyi. Problem pada suara bisa menjadi masalah yang pelik dikehidupan kita.”.
Berikut ini adalah 10 tips untuk suara yang sehat yang diberikan oleh Norman Hogikyan :1.* Banyak minum air, hindari alkohol dan kafein.
Pita suara kita bergetar dengan kecepatan tinggi, dan banyak minum membuat pita suara tetap basah. Makanan yang memiliki kadar air yang tinggi juga baik, seperti apel, pir, semangka, melon, anggur, dan sebagainya.
2. *Lakukan istirahat berbicara beberapa kali setiap hari terutapa jika telah dipergunakan secara ekstensif.
Misalnya guru sebaiknya menghindari atau mengurangi berbicara diantara waktu mengajar.
    3. *Jangan merokok.
    Jika Anda merokok, segera berhenti. Merokok sangat meningkatkan resiko kanker organ pernafasan. Termasuk menghirup asap dapat menyebabkan iritasi pita suara.
    4.* Jangan menyalahgunakan suaramu.
    Hindari berteriak, juga berbicara keras di ruangan yang ribut. Suara serak merupakan pertanda pita suara mengalami iritasi.
    5. *Biarkan otot leher dan tenggorokanmu rileks meskipun sedang menyanyi nada tinggi atau rendah.
    Beberapa penyanyi mengangkat kepala ketika menyanyikan nada tinggi dan menunduk jika menyanyi nada rendah untuk menghindari tegangan yang berlebih pada otot. Jika terjadi tegangan berlebih untuk waktu yang lama bisa menyebabkan turunnya jangkauan nada suara.
    6. *Perhatikan caramu berbicara setiap hari.
    Sekalipun orang yang memiliki kebiasaan menyanyi yang baik bisa mengalami luka saat berbicara, karena banyak penyanyi yang tidak memperhatikan cara berbicara, apakah menyebabkan iritasi pita suara atau tidak.
    7. *Jangan batuk terlalu sering.
    Ketika kita batuk (bukan sakit batuk, tapi aktivitas batuk), itu sama seperti melakukan tegangan pada semua otot pernafasan dan pita suara sekaligus. Melakukan batuk terlalu sering bisa melukai otot tersebut dan menyebabkan suara serak. Cobalah untuk minum air untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan. Jika batuk tidak bisa ditahan, cobalah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
    8. *Ketika sakit, hemat suaramu.
    Jangan banyak berbicara saat Anda bersuara serak karena demam atau infeksi. Perhatikan suaramu.
    9. *Ketika berbicara kepada kelompok besar diluar gedung pertimbangkan penggunaan pengeras suara.
    Berbicara keras tanpa pengeras suara bisa menyebabkan ketegangan berlebihan pada otot suara. Jadi lebih baik pergunakan pengeras suara.
    10. *Lembabkan udara rumah dan ruang kerjamu.
    Kelembaban udara baik untuk suaramu.
Lebih jauh dari itu, pemanasan suara tidak hanya bagus untuk penyanyi tapi juga untuk semua orang. Cobalah lakukan pemanasan dan melemaskan suara sebelum beraktivitas setiap hari. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk melakukannya:
~ Lakukan senam mulut dan lidah dipagi hari untuk pernafasan dan sirkulasi udara yang lebih baik. Bisa dilakukan di kamar mandi atau saat dalam perjalanan ke tempat kerja. ~ Lakukan humming ( Menyanyi dengan bibir terkatup alias bersenandung) atau cooing ( menyanyikan nada vocal A, I, U, E, O ) untuk pemanasan suara dipagi hari.
~ Jika hendak melakukan aktivitas suara yang kompleks ataupun pemanasan teknik bernyanyi yang kompleks, lakukan pemanasan yang sederhana terlebih dahulu.
~ Ulangi pemanasan beberapa kali dalam sehari untuk menghindari ketegangan otot leher, bahu, dan rahang.
Saat selesai aktivitas, lakukan pendinginan dengan cara yang serupa dengan pemanasan.

Sejarah Musik Reggae

0 komentar
"Musik Jamaica Pendahulu"

Menurut sejarah Jamaica, budak yang membawa drum dari Africa disebut "Burru"
yang jadi bagian aransemen lagu yang disebut "talking drums" (drum yang
bicara) yang asli dari Africa Barat. "Jonkanoo" adalah musik budaya
campuran Afrika, Eropa dan Jamaika yang terdiri dari permainan drum,
rattle (alat musik berderik) dan conch tiup. Acara ini muncul saat
natal dilengkapi penari topeng. Jonkanoos pada awalnya adalah tarian
para petani, yang belakangan baru disadari bahwa sebenarnya mereka
berkomunikasi dengan drum dan conch itu. Tahun berikutnya, Calypso dari
Trinidad & Tobago datang membawa Samba yang berasal dari Amerika
Tengah dan diperkenalkan ke orang - orang Jamaika untuk membentuk
sebuah campuran baru yang disebut Mento. Mento sendiri adalah musik
sederhana dengan lirik lucu diiringi gitar, banjo, tambourine, shaker,
scraper dan rumba atau kotak bass. Bentuk ini kemudian populer pada
tahun 20 dan 30an dan merupakan bentuk musik Jamaika pertama yang
menarik perhatian seluruh pulaunya. Saat ini Mento masih bisa dinikmati
sajian turisme. SKA yang sudah muncul pada tahun 40 - 50an sebenarnya
disebutkan oleh History of Jamaican Music, dipengaruhi oleh Swing,
Rythym & Blues dari Amrik. SKA sebenarnya adalah suara big band
dengan aransemen horn (alat tiup), piano, dan ketukan cepat "bop". Ska
kemudian dengan mudah beralih dan menghasilkan bentuk tarian "skankin"
pad awal 60an. Bintang Jamaica awal antara lain Byron Lee and the
Dragonaires yang dibentuk pada 1956 yang kemudian dianggap sebagai
pencipta "ska". Perkembangan Ska yang kemudian melambatkan temponya
pada pertengahan 60an memunculkan "Rock Steady" yang punta tune bass
berat dan dipopulerkan oleh Leroy Sibbles dari group Heptones dan
menjadi musik dance Jamaika pertama di 60an.

"Reggae N Rasta"

Bob
Marley tentunya adalah bintang musik "dunia ketiga" pertama yang jadi
penyanyi group Bob Marley & The Wailers dan berhasil memperkenalkan
reggae lebih universal. Meskipun demikian, reggae dianggap banyak orang
sebagai peninggalan King of Reggae Music, Hon. Robert Nesta Marley.
Ditambah lagi dengan hadirnya "The Harder they Come" pada tahun 1973,
Reggae tambah dikenal banyak orang. Meninggalnya Bob Marley kemudian
memang membawa kesedihan besar buat dunia, namun penerusnya seperti
Freddie McGregor, Dennis Brown, Garnett Silk, Marcia Fiffths dan Rita
Marley serta beberapa kerabat keluarga Marley bermunculan. Rasta adalah
jelas pembentuk musik Reggae yang dijadikan senjata oleh Bob Marley
untuk menyebarkan Rasta keseluruh dunia. Musik yang luar biasa ini
tumbuh dari ska yang menjadi elemen style American R&B dan
Carribean. Beberapa pendapat menyatakan juga ada pengaruh : folk music,
musik gereja Pocomania, Band jonkanoo, upacara - upacara petani, lagu
kerja tanam, dan bentuk mento. Nyahbingi adalah bentuk musik paling
alami yang sering dimainkan pada saat pertemuan - pertemuan Rasta,
menggunakan 3 drum tangan (bass, funde dan repeater : contoh ada di
Mystic Revelation of Rastafari). Akar reggae sendiri selalu menyelami
tema penderitaan buruh paksa (ghetto dweller), budak di Babylon, Haile
Selassie (semacam manusia dewa) dan harapan kembalinya Afrika. Setelah
Jamaica merdeka 1962, buruknya perkembangan pemerintahan dan pergerakan
Black Power di US kemudian mendorong bangkitnya Rasta. Berbagai
kejadian monumentalpun terjadi seiring perkembangan ini.

"Apa sih Reggae"

Reggae sendiri adalah kombinasi dari iringan tradisional Afrika, Amerika dan
Blues serta folk (lagu rakyat) Jamaika. Gaya sintesis ini jelas
menunjukkan keaslian Jamaika dan memasukkan ketukan putus - putus
tersendiri, strumming gitar ke arah atas, pola vokal yang 'berkotbah'
dan lirik yang masih seputar tradisi religius Rastafari. Meski banyak
keuntungan komersial yang sudah didapat dari reggae, Babylon (Jamaika),
pemerintah yang ketat seringkali dianggap membatasi gerak namun bukan
aspek politis Rastafarinya. "Reg-ay" bisa dibilang muncul dari anggapan
bahwa reggae adalah style musik Jamaika yang berdasar musik soul
Amerika namun dengan ritem yang 'dibalik' dan jalinan bass yang
menonjol. Tema yang diangkat emang sering sekitar Rastafari, protes
politik, dan rudie (pahlawan hooligan). Bentuk yang ada sebelumnya (ska
& rocksteady) kelihatan lebih kuat pengaruh musik Afrika -
Amerika-nya walaupun permainan gitarnya juga mengisi 'lubang - lubang'
iringan yang kosong serta drum yang kompleks. Di Reggae kontemporer,
permainan drum diambil dari ritual Rastafarian yang cenderung mistis
dan sakral, karena itu temponya akan lebih kalem dan bertitik berat
pada masalah sosial, politik serta pesan manusiawi.

"Ngga asli Jamaika lho!"

Reggae memang adalah musik unik bagi Jamaika, ironisnya akarnya berasal dari
New Orleans R&B. Nenek moyang terdekatnya, ska berasal berasal dari
New Orleans R&B yang didengar para musisi Jamaika dari siaran radio
Amrik lewat radio transistor mereka. Dengan berpedoman pada iringan
gitar pas - pasan dan putus - putusadalah interprestasi mereka akan
R&B dan mampu jadi populer di tahun 60an. Selanjutnya semasa musim
panas yang terik, merekapun kepanasan kalo musti mainin ska plus
tarinya, hasilnya lagunya diperlambat dan lahirlah Reggae. Sejak itu,
Reggae terbukti bisa jadi sekuat Blues dan memiliki kekuatan
interprestasi yang juga bisa meminjam dari Rocksteady (dulu) dan bahkan
musik Rock (sekarang). Musik Afrika pada dasarnya ada di kehidupan
sehari-hari, baik itu di jalan, bus, tempat umum, tempat kerja ato
rumah yang jadi semacam semangat saat kondisi sulit dan mampu
memberikan kekuatan dan pesan tersendiri. Hasilnya, Reggae musik bukan
cuma memberikan relaksasi, tapi juga membawa pesan cinta, damai,
kesatuan dan keseimbangan serta mampu mengendurkan ketegangan.

"It's Influences"


Saat rekaman Jamaika telah tersebar ke seluruh dunia, sulit rasanya
menyebutkan berapa banyak genre musik popular sebesar Reggae selama dua
dekade. Hits - hits Reggae bahkan kemudian telah dikuasai oleh bintang
Rock asli mulai Eric Clapton sampai Stones hingga Clash dan Fugees.
Disamping itu, Reggae juga dianggap banyak mempengaruhi pesona tari
dunia tersendiri. Budaya 'Dancehall' Jamaika yang menonjol plus sound
system megawatt, rekaman yang eksklusif, iringan drum dan bass, dan
lantunan rap dengan iringannya telah menjadi budaya tari dan tampilan
yang luar biasa. Inovasi Reggae lainnya adalah Dub remix yang sudah
diasimilasi menjadi musik populer lainnya lebih luas lagi.

Desain Grafis

0 komentar
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain). Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
 
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
 
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual. Pada pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah merupakan kerja yang susah payah.
 
 Desain grafis dengan komputer memungkinkan perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang. Seorang perancang grafis menggunakan sketsa untuk mengeksplorasi ide-ide yang kompleks secara cepat, dan selanjutnya ia memiliki kebebasan untuk memilih alat untuk menyelesaikannya, dengan tangan atau komputer.
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

  Desktop publishing

 Webdesign

 

Audiovisual

Rendering 3 Dimensi

Biography WARKOP DKI

0 komentar

Warkop atau sebelumnya Warkop Prambors, yang kemudian dikenal sebagai Warkop DKI adalah grup lawak legendaris favorit saya yang dibentuk oleh Nanu (nama asli Nanu Mulyono), Rudy (Rudy Badil), Dono (Wahjoe Sardono), Kasino (Kasino Hadiwibowo) dan Indro (Indrodjojo Kusumonegoro). Nanu, Rudy, Dono dan Kasino adalah mahasiswa Universitas Indonesia (UI), Jakarta sedangkan Indro kuliah di Universitas Pancasila Jakarta. Mereka pertama kali meraih kesuksesan lewat acara Obrolan Santai di Warung Kopi yang merupakan garapan dari Temmy Lesanpura, Kepala Bagian Programming Radio Prambors. Acara lawakan setiap Jumat malam antara pukul 20.30 hingga pukul 21.15, disiarkan oleh radio Prambors yang dahulu bermarkas di kawasan Mendut, Prambanan, Borobudur, alias Menteng Pinggir.
Sejarah berdirinya Warkop

Ide awal obrolan Warkop Prambors berawal dari dedengkot radio Prambors, Temmy Lesanpura. Radio Prambors meminta Hariman Siregar, dedengkot mahasiswa UI untuk mengisi acara di Prambors. Hariman pun menunjuk Kasino dan Nanu, sang pelawak di kalangan kampus UI untuk mengisi acara ini. Ide ini pun segera didukung oleh Kasino, Nanu, dan Rudy Badil, lalu disusul oleh Dono dan Indro.

Rudy yang semula ikut Warkop saat masih siaran radio, tak berani ikut Warkop dalam melakukan lawakan panggung, karena demam panggung (stage fright). Untuk hal itu, Rudy mengaku "Pernah sekali saya coba di panggung TIM, saya menyadari bahwa saya tidak mampu. Setelah itu ya nggak usah saja,"

Dono pun awalnya saat manggung beberapa menit pertama mojok dulu, karena masih malu dan takut. Setelah beberapa menit, barulah Dono mulai ikut berpartisipasi dan mulai kerasan, hingga akhirnya terus menggila hingga akhir durasi lawakan. Indro adalah anggota termuda, saat anggota Warkop yang lain sudah menduduki bangku kuliah, Indro masih pelajar SMA.

Pertama kali Warkop muncul di pesta perpisahan SMP IX yang diadakan di Hotel Indonesia. Semua personil gemetar, alias demam panggung, dan hasilnya hanya bisa dibilang lumayan saja, tidak terlalu sukses. Namun peristiwa di tahun 1976 itulah pertama kali Warkop menerima honor yang berupa uang transport sebesar Rp20.000. Uang itu dirasakan para personil Warkop besar sekali, namun akhirnya habis untuk mentraktir makan teman-teman mereka. Berikutnya mereka manggung di Tropicana. Sebelum naik panggung, kembali seluruh personel komat-kamit dan panas dingin, tapi ternyata hasilnya kembali lumayan.

Baru pada acara Terminal Musikal (asuhan Mus Mualim), grup Warkop Prambors baru benar-benar lahir sebagai bintang baru dalam dunia lawak Indonesia. Acara Terminal Musikal sendiri tak hanya melahirkan Warkop tetapi juga membantu memperkenalkan grup PSP (Pancaran Sinar Petromaks), yang bertetangga dengan Warkop. Sejak itulah honor mereka mulai meroket, sekitar Rp 1.000.000 per pertunjukan atau dibagi empat orang, setiap personil mendapat no pek go ceng (Rp 250.000).

Mereka juga jadi dikenal lewat nama Dono-Kasino-Indro atau DKI (yang merupakan pelesetan dari singkatan Daerah Khusus Ibukota). Ini karena nama mereka sebelumnya Warkop Prambors memiliki konsekuensi tersendiri. Selama mereka memakai nama Warkop Prambors, maka mereka harus mengirim royalti kepada Radio Prambors sebagai pemilik nama Prambors. Maka dari itu kemudian mereka mengganti nama menjadi Warkop DKI, agar bisa terbebas dari keharusan membayar royalti.

Kelebihan Warkop dibandingkan grup lawak lain, adalah tingkat kesadaran intelektualitas para anggotanya. Karena sebagian besar adalah mahasiswa (yang kemudian beberapa menjadi sarjana), maka mereka sadar betul akan perlunya profesionalitas dan pengembangan diri kelompok mereka. Ini dilihat dari keseriusan mereka membentuk staf yang tugasnya membantu mereka dalam mencari bahan lawakan. Salah satu staf Warkop ini kemudian menjadi pentolan sebuah grup lawak, yaitu Tubagus Dedi Gumelar alias Miing Bagito, kerjanya selain mengumpulkan bahan lawakan, melakukan survei lokasi (di kota atau daerah sekitar tempat Warkop akan manggung), kalau perlu melakukan pekerjaan pembantu sekalipun seperti menyetrika kostum para personil Warkop. Ini dilakukan Miing dengan serius, karena ia sadar disinilah pembelajaran profesionalitas sebuah kelompok lawak. Miing sempat ikut dalam kaset warkop dan film warkop, sebelum akhirnya membentuk kelompok lawak sendiri bersama Didin (saudaranya) dan Hadi Prabowo alias Unang yang diberi nama Bagito (alias Bagi Roto).

Personil

Dari semua personil Warkop, mungkin Dono lah yang paling intelek, walau ini agak bertolak belakang dari profil wajahnya yang 'ndeso' itu. Dono bahkan setelah lulus kuliah menjadi asisten dosen di FISIP UI tepatnya jurusan Sosiologi. Dono juga kerap menjadi pembawa acara pada acara kampus atau acara perkawinan rekan kampusnya. Kasino juga lulus dari FISIP. Selain melawak, mereka juga sempat berkecimpung di dunia pencinta alam. Hingga akhir hayatnya Nanu, Dono, dan Kasino tercatat sebagai anggota pencinta alam Mapala UI.

Film & Televisi

Setelah puas manggung dan mengobrol di udara, Warkop mulai membuat film-film komedi yang selalu laris ditonton oleh masyarakat. Dari filmlah para personil Warkop mulai meraup kekayaan berlimpah. Dengan honor Rp 15.000.000 per satu film untuk satu grup, maka mereka pun kebanjiran uang, karena hampir tiap tahun mereka membintangi satu film di dekade 1980-an. Malah beberapa tahun ada dua film Warkop sekaligus.

Dalam era televisi swasta dan menurunnya jumlah produksi film, DKI pun lantas memulai serial televisi sendiri. Serial ini tetap dipertahankan selama beberapa lama walaupun Kasino tutup usia di tahun 1997. Setelah Dono juga meninggal di tahun 2001, Indro menjadi satu-satunya personel Warkop. Sedangkan Nanu sudah meninggal tahun 1983 karena sakit liver dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir Jakarta.

Diskografi
  • Kaset 01 Cangkir Kopi (warkop Live di Palembang/Plaju, masih ada Nanu)
  • Kaset 02 Tenda Warung
  • Kaset 03 Mana Tahan
  • Kaset 04 Gerhana Asmara (bersama Srimulat)
  • Kaset 05 Pengen Melek Hukum (Indro sebagai mahasiswa penyuluh hukum, Kasino, Dono sebagai warga)
  • Kaset 06 Pokoknya Betul - Ke Bali (Dono dan Indro pengen ke Bali, tanya ke Kasino yang orang Bali)
  • Kaset 07 Semua Bisa Diatur - Lurah Indro (Indro sebagai Lurah, Dono dan Kasino sebagai warga, featuring Mi'ing sebagai rakyat / petugas RSJ)
  • Kaset 08 Dokter Masuk Desa (Indro sebagai dokter baru masuk desa, dono dan kasino sebagai warga)
  • Kaset 09 Makin Tipis Makin Asik (Indro sebagai pak Guru, Kasino dan Dono sebagai murid-murid)
Filmografi

Kebanyakan film Warkop tidak dapat diedarkan secara internasional karena masalah pelanggaran hak cipta, yaitu digunakannya musik karya komponis Henry Mancini tanpa izin atau tanpa mencantumkan namanya dalam film.
  1. Mana Tahaaan... (1979) bersama Elvy Sukaesih, Rahayu Effendi
  2. Gengsi Dong (1980) bersama Camelia Malik
  3. Pintar Pintar Bodoh (1980) bersama Eva Arnaz, Debby Cynthia Dewi, Dorman Borisman, dan Dana Christina
  4. GeEr - Gede Rasa (1980) bersama Dorman Borisman, Ita Mustafa, dan Itje Trisnawati
  5. Manusia 6.000.000 Dollar (1981) bersama Eva Arnaz dan Dorman Borisman
  6. IQ Jongkok (1981) bersama Enny Haryono, Marissa Haque, dan Alicia Djohar
  7. Setan Kredit (1981) bersama Minati Atmanegara dan Alicia Djohar
  8. Dongkrak Antik (1982) bersama Meriam Bellina, Mat Solar, dan Pietrajaya Burnama
  9. Chips (1982) bersama Sherly Malinton, Tetty Liz Indriati dan Chintami Atmanegara
  10. Maju Kena Mundur Kena (1983) bersama Eva Arnaz, Lydia Kandou, Us Us
  11. Pokoknya Beres (1983) bersama Eva Arnaz, Lydia Kandou, Us Us, dan Nourma Yunita
  12. Itu Bisa Diatur (1984) bersama Ira Wibowo, Lia Warokka, dan Aminah Cendrakasih
  13. Tahu Diri Dong (1984) bersama Eva Arnaz, Lydia Kandou, Aminah Cendrakasih, Wieke Widowati dan Us Us.
  14. Kesempatan Dalam Kesempitan (1985) bersama Lydia Kandou, Nena Rosier, Leily Sagita, Lia Warokka, Lina Budiarti, Kaharuddin Syah, dan Fanny Bauty.
  15. Gantian Dong (1985) bersama Ira Wibowo, Lia Warokka, Chintami Atmanegara, Leily Sagita, Wieke Widowati, dan Advent Bangun
  16. Atas Boleh Bawah Boleh (1986) besama Eva Arnaz, Dian Nitami, dan Wolly Sutinah
  17. Sama Juga Bohong (1986) bersama Ayu Azhari, Nia Zulkarnaen, dan Chintami Atmanegara
  18. Depan Bisa Belakang Bisa (1987) bersama Eva Arnaz dan HIM Damsyik
  19. Makin Lama Makin Asyik (1987) bersama Meriam Bellina dan Timbul
  20. Saya Suka Kamu Punya (1987) bersama Doyok
  21. Jodoh Boleh Diatur (1988) bersama Raja Ema, Silvana Herman, Yurike Prastika, Ira Wibowo, dan Nia Zulkarnaen
  22. Malu-Malu Mau (1988) bersama Nurul Arifin dan Sherly Malinton
  23. Godain Kita Dong (1989) bersama Liza Patzy, Ida Kusumah dan Tarsan
  24. Sabar Dulu Doong...! (1989) bersama Anna Shirley dan Eva Arnaz
  25. Mana Bisa Tahan (1990) bersama Nurul Arifin dan Sally Marcellina
  26. Sudah Pasti Tahan (1991) bersama Nurul Arifin dan Sally Marcellina
  27. Bisa Naik Bisa Turun (1991) bersama Kiki Fatmala dan Sally Marcellina
  28. Lupa Aturan Main (1991) bersama Eva Arnaz, Fotunella, Hengky Solaiman
  29. Masuk Kena Keluar Kena (1992) bersama Kiki Fatmala, Fortunella dan Sally Marcellina
  30. Salah Masuk (1992) bersama Gitty Srinita dan Angel Ibrahim
  31. Bebas Aturan Main (1993) bersama Lella Anggraini, Gitty Srinita dan Diah Permatasari
  32. Bagi-Bagi Dong (1993) bersama Kiki Fatmala dan Inneke Koesherawati
  33. Saya Duluan Dong (1994) bersama Diah Permatasari, Gitty Srinita, dan HIM Damsyik
  34. Pencet Sana Pencet Sini (1994) bersama Sally Marcellina dan Taffana Dewi
Acara TV

Warkop Millennium adalah sebuah sinetron di televisi yang menampilkan Warkop bersama Karina Suwandi dan Roweina Umboh.
  • Indro Berperan sebagai dirinya sendiri dengan peran istri oleh Karina Suwandi
  • Kasino Berperan sebagai dirinya sendiri dengan peran istri Roweina Umboh
  • Dono Berperan sebagai kakak dari Karina Suwandi sekaligus iparnya dari Indro
  • Kasino dan Roweina adalah tetangga dari Indro, Karina, dan Dono

The Mirror Never Lies Raih Penghargaan Film Terpuji

0 komentar
The Mirror Never Lies meraih penghargaan Film Terpuji, di samping  meraih empat penghargaan lain: Sutradara, Penata Artistik, Penata Kamera, dan Poster Film pada Festival Film Bandung (FFB) ke 25 yang  diselengarakan di Lapangan Gasibu 12 Mei 2012. FFB juga memberikan penghargaan khusus Pemeran Anak Terpuji kepada Chantiq Schagerl, pemeran Delisa dalam film Hafalan Shalat Delisa, yang masih berumur 8 tahun. FFB tahun ini memberikan penghargaan khusus Lifetime Achievement Award kepada Slamet Rahardjo dan Aminah Cendrakasih.
Ketua Umum Eddy Iskandar menyampaikan tahun ini FFB menilai 87 film dan 327 sinetron yang rilis/diputar Maret 2011 - Maret 2012. Jumlah tersebut lebih banyak dari FFB 2011 yang menilai 78 Film dan 302 Sinetron. Kalau selama ini FFB hanya menggelar acara pengumuman penganugerahan sederhana, tahun ini festival diselenggarakan lebih meriah dan disiarkan langsung oleh SCTV.

Untuk kategori sinetron, Penghargaan Sinetron Terpuji diberikan kepada Sinetron Anak Kaki Gunung (Citra Sinema - SCTV), juga Si Doel Anak Pinggiran  (Karnos Film - RCTI) sebagai  Sinetron Lepas (FTV) Terpuji. Alm. Misbach Jusa Biran juga mendapatkan penghargaan Penulis Skenario Terpuji untuk sinetron Anak Kaki Gunung bersama Ida Farida, Firman Triyadi, Arief Gustaman, dan Al Kadri Johan. Agus Kuncoro mendapatkan penghargaan Pemeran Utama Pria Terpuji, melalui Sinetron Tim Bui (Set Film - Metro TV) sedangkan Pemeran Utama Wanita Terpuji diberikan kepada Dona Harun lewat Sinetron Kampung Hawa (ANP Films - Trans 7) dan Agnes Monica dalam sinetron Mimo ketemu Poscha (Sinemart - RCTI).

Daftar Pemenang Kategori Film Layar Lebar
1. Film Terpuji: The Mirror Never Lies
2. Pemeran Utama Pria Terpuji: Qausar Harta Yudana (Pengejar Angin)
3. Pemeran Utama Wanita Terpuji: Prisia Nasution (Sang Penari)
4. Pemeran Pembantu Pria Terpuji: Surya Saputra (Malaikat Tanpa Sayap)
5. Pemeran Pembantu Wanita Terpuji: Ira Maya Sopha (Mother Keder) & Ratna Riantiarno
6. Sutradara Terpuji: Kamila Andini (The Mirror Never Lies)
7. Penulis Skenario Terpuji: Ben Sihombing (Pengejar Angin)
8. Penata Editing Terpuji: Cesa David Luckmansyah (Sang Penari)
9. Penata Kamera Terpuji: Ipung Rachmat Syaiful (The Mirror Never Lies )
10. Penata Artistik Terpuji:  Allan Sebastian & A Tonny Trimarsanto, Timothy D Setyanto
11. Penata Musik Terpuji: Aksan Sjuman & Titi Sjuman (Sang Penari)
12. Poster Film Terpuji :  The Mirror Never Lies
13. Penghargaan Khusus Pemeran Anak Terpuji: Chantiq Schagerl
14. Lifetime Achievment Award: Aminah Cendrakasih & Slamet Rahardjo

Joko Anwar: Lebih Tertarik dengan Karakter daripada Teknis

0 komentar
Joko Anwar ketika diwawancara FI di Kemang, Jakarta, 18 April 2012. (Foto: FI)Joko Anwar adalah salah satu anak muda yang masuk ke perfilman nasional pasca reformasi. Awalnya kritikus dan jurnalis film untuk Jakarta Post, Joko masuk ke dunia produksi tahun 2003 sebagai asisten sutradara untuk Biola Tak Berdawai dan penulis naskah Arisan!. Barulah kemudian ia menyutradarai film panjang pertamanya, Janji Joni, di tahun 2005.
Selang tujuh tahun, nama Joko Anwar sudah beredar di kancah internasional. Modus Anomali, film panjang keempatnya, diputar perdana di South by Southwest, sebuah festival kebudayaan di Texas, Amerika Serikat, bulan Maret 2012. Dua film Joko sebelumnya, Kala (2007) dan Pintu Terlarang (2009), dipilih sebagai salah satu film terbaik di tahunnya oleh Sight & Sound, majalah film terbitan British Film Institute.
Pada tanggal 18 April 2012, redaksi FI mendapat kesempatan mewawancarai Joko Anwar di Kemang, Jakarta. Sejam lebih ia bercerita tentang proses produksi Modus Anomali dan pandangannya tentang sinema.

Modus Anomali
Film Indonesia (FI): Dalam film-film Anda, saya menangkap selalu ada trivia-trivia yang merujuk ke film Anda berikutnya. Di Janji Joni, ada poster film Kala. Di Kala, ada Pintu Terlarang di nomor telepon yang diputar Sari (Shanty). Di Pintu Terlarang, ada jalan dengan nama Modus Anomali. Kesan yang saya tangkap Anda sudah punya rencana yang jelas untuk karier film Anda. Anda seperti sudah tahu film apa yang Anda akan buat berikutnya. Apakah memang begitu atau trivia-trivia tadi hanya kebetulan saja?

Joko Anwar (JA): Sebentar. (Joko membuka iPhone dan menunjukkan daftar judul film) These are my plans for my movies. Semua ada di sini. Termasuk film terakhir saya. Saya percaya kalau kita harus selalu punya goal yang jelas, whoever we are, mau kerja di mana saja, di bidang mana saja. Punya goal itu tujuannya supaya bisa bikin plan dan strategi yang jelas. Kalau nggak punya goal, kita bakal gampang melenceng. Saya sudah lihat banyak contohnya, terutama di Indonesia. Teman-teman saya waktu awal-awal masuk film, mereka punya mimpi untuk buat big things. Tapi karena mereka nggak punya goal, tidak ada plan, ketika ada satu hal terjadi, misalnya nikah dan harus cari duit untuk menghidupkan keluarga, mereka selalu bilang iya untuk setap tawaran yang datang, walaupun tawaran itu tak sesuai dengan apa yang mereka mau. Jadinya mereka ke pinggir, nggak maju-maju, nggak jalan ke apa yang mereka mau di awal-awal.
Empat film pertama saya, dari Janji Joni sampai Modus Anomali, semuanya saya niatkan sebagai sekolah film saya. Di situlah saya belajar produksi film, karena saya tidak sekolah film. Rencananya empat film ini untuk belajar. Waktu buat Janji Joni, I don’t know what film is. Waktu syuting hari pertama, clueless banget. Saya nggak tahu harus melakukan apa. Ya udahlah, pakai insting. Teknis, bullshit. I don’t know anything about filmmaking. Untungnya pernah jadi astrada, jadi punya modal sedikit. Kala jadi semacam ujian praktek. Saya mempraktekkan apa yang saya pelajari tentang cinematic storytelling dengan kamera dan segala macam.
Waktu itu ibaratnya begini: semuanya textbook, walaupun textbook-nya nggak ada. Saya belajar dari film-film seperti film-film Akira Kurosawa dan Peter Weir. Ada beberapa shot yang sangat praktis untuk menyampaikan banyak hal. Efektif banget. Saya pelajari itu. Jadilah di Kala, saya susun filmnya shape demi shape. Contohnya begini, everything related to goodness, saya penuhi adegannya dengan garis lurus. Everything related to corruptness, evil and bad things, saya penuhi adegannya dengan garis lengkung, baik setengah bulat maupun bulat sekalian. Ternyata itu efektif untuk menyampaikan cerita unconsciously. Jadi saya nggak perlu, misalnya, kasih narasi kalau Kala bercerita tentang sebuah kota korup yang berisikan orang-orang cari aman. Dengan bahasa gambar tadi, semuanya sudah tersampaikan. Di adegan pembukaan Kala, ada barisan orang-orang pakai payung lewat searah. Tiba-tiba muncul Janus (Fachri Albar) menerobos berlawanan arah, dari kanan ke kiri. Kita kan terbiasa baca dari kiri ke kanan. Gerakan Janus ini menganggu pandangan kita. Dari sini kita tahu, kalau apapun yang berhubungan dengan tokoh ini pasti akan ada apa-apanya.
Pintu Terlarang sama saja. Everything is related to shapes. Modus Anomali memang saya rencanakan sebagai film terakhir saya untuk masa belajar, where everything is very tight. There is no prop. Just camera and the actors. Kalau Anda tanya sebelum saya bikin Modus Anomali, tanya apa itu storytelling, saya bisa jawab banyak. Setelah Modus Anomali, saya akan bilang bullshit. Storytelling is everything within the frame. Apa yang bisa anda lihat dan apa yang bergerak. Yang bergerak itu banyak: ada pemain, ada kamera, ada segala macam. Modus Anomali is intensely very minimal. Tadinya saya mau syuting cuma dua hari, secara real-time, dari John Evans bangun sampai dia tidur lagi.